Jumat, 28 Juli 2017

KISI-KISI SOAL DAN MATERI UAS DIII KEPERAWATAN

Kisi-kisi ini ditujukan untuk mahasiswa DIII Keperawatan semester IV tingkat II

KISI-KISI SOAL UJIAN ASKEP MATERNITAS

UAS GENAP TA 2016/2017

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
JUMLAH SOAL
ALAT KONTRASEPSI
Sederhana tanpa alat
3
Sederhana dengan alat
3
Pil
3
Injeksi
3
IUD
3
Implan
3
MOW & MOP
3
PERAWATAN IBU NIFAS
Proses laktasi dan menyusui

10
Involusi uteri, perawatan vulva dan luka episiotomi

10

Materi alat kontrasepsi, sesuai dengan materi ppt yang disampaikan di kelas

Materi Perawatan Ibu Nifas, Klik di sini


KISI-KISI SOAL UJIAN ASKEP ANAK
UAS GENAP TA 2016/2017

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
JUMLAH SOAL
RESUSITASI PADA BBL
Persiapan resusitasi
3
Penilaian bayi baru lahir
3
Langkah awal resusitasi
3
Tindakan B
3
Tindakan C
3
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
Pengertian pertumbuhan dan perkembangan
1
Faktor yang mempengaruhi
1
Perkembangan psikososial
1
Perkembangan intelektual
1
Perkembangan kepribadian
1
KPSP
2
GPPH
1
TDL
1
Menghitung Umur
2
Pertumbuhan kepala
1
KMS
1
Z-SCORE
1
DDST II
2

materi resusitasi BBL, klik disini



PETUNJUK PRAKTIS CARA PENGGUNAAN BUKU PEDOMAN PELAKSANAAN
PEMANTAUANN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Buku pedoman pelaksanaan pemantauann pertumbuhan dan perkembangan merupakan salah satu buku untuk menilai pertumbuhan dan perkembangan. Ketika akan melaksanakan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan maka lakukan langkah berikut ini :
1.    gunakan formulir deteksi dini tumbuh kembang anak, lihat hal : 83
2.    isi identitas pada formulir tersebut, termasuk umur anak. Cara menghitung umur anak lihat hal : 117 umur anak harus dijadikan bulan. Termasuk cara menghitung umur prematur, lihat hal : 118

3.    Menilai Pertumbuhan
a.   Menggunakan KMS (kartu menuju sehat), materi KMS lihat di blog saya (Posting) tentang deteksi dini pemantauan pertumbuhan dan perkembangan pada cara mengisi KMS
b.   hitung status gizi anak dengan rumus Z-SCORE, lihat hal : 89
status gizi dapat diketahui melalui penghitungan BB/TB (BB/PB), BB/U, TB/U. Yang biasa dipakai adalah BB/TB, tabel BB/PB (BB/TB) lihat hal  : 98 s/d 102.
Setelah dilakukan penghitungan hasilnya dinterpretasikan termasuk dalam kriteria apa (gizi lebih, normal, kurus, kurus sekali), lihat hal : 45 pada interpretasi.
c.   Lakukan penilaian lingkar kepala anak, lihat hal : 47 pada grafik lingkar kepala. Caranya setelah ketemu umur, tentukan laki atau perempuan. Setelah itu pada garis bagian bawah pada garis umur, pilih umur yang sesuai dengan umur anak tarik lurus ke atas sampai berpotongan dengan garis sebelah kiri (garis hasil pengukuran lingkar kepala). Setelah kedua garis itu bertemu, kasi tanda titik dan interpretasikan hasilnya, lihat hal 46 pada interpretasi

4.    Menilai perkembangan anak :
a.    Menggunakan instrumen KPSP. instrumen  KPSP ada mulai hal 50 s/d 65. Gunakan KPSP yang sesuai dengan umur anak. Jika instrumen KPSP tidak ada yang sesuai dengan umur anak, pakailah KPSP dibawahnya yang paling mendekati. Hitung berapa “ya” Setelah itu interpretasikan hasilnya, lihat hal 49 pada interpretasi
b.    Menggunakan instrumen DDST II. lihat hal 120 pada cara pemeriksaan DDST II. Sebagai ilustrasi dalam mengklasifikasikan hasil tes apakah termasuk (normal, meragukan, abnormal) dapat menggunakan bantuan rumus di bawah ini :
1)    Abnormal
o   2FD + 2 FD
o   2FD + 1FDF
2)    Meragukan
o   2FD
o   1FDF
3)    Normal : selain kriteria di atas
Ket : FD adalah F (kegagalan yang terlambat) yang terletak pada sebelah  kiris garis usia
 F adalah semua F ( kegagalan)  yang  yang berpotongan dengan garis usia

                                                                                     
c.    Menilai perkembangan tes daya lihat (TDL) : Lihat hal 66
d.    Menilai perkembangan tes daya dengar (TDD) : Lihat hal 67

5.    Menilai perkembangan mental emosional
a.   Deteksi dini masalah mental emosional, instrumen ada di no 71, interpretasi lihat hal 70
b.  Deteksi dini autis lihat hal 72
c.   Deteksi dini gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif,  instrumen ada di no 75, interpretasi lihat hal 74



Untuk menunjang kesuksesan UAS anda pelajarilah halaman, terutama yang di blok dengan warna kuning




Tidak ada komentar:

Posting Komentar